karya seni kriya bukan kerajinan semata..

Karya seni kriya yang sering disebut sebagai karya kerajinan ternyata banyak mempunyai peran penting dalam perkembangan seni rupa terapan. Mengingat seni kriya sendiri juga sebagai aliran seni rupa. Namun menurut pengalaman pribadi sangat sulit saya temuan argumen dari Kamus dan Referensi bahwa kerajinan menggambarkan sebagai bentuk seni atau kerajinan sebagai seni, jika Anda ragu, silakan tanyakan diri pribadi Anda sendiri atau cari informasi/sumber belajar atau mungking anda bisa googling sendiri.
Namun saya menerima, dengan afinitas lengkap, dan meyakini bahwa membuat karya seni kriya atau kerajinan juga membutuhkan keterampilan, ketangkasan, kemahiran dan kecerdikan untuk menjadi bagian dari ‘keluarga praktik seniistik dalam seni dekoratif.’
Definisi yang saya temukan di Wikipedia dan saya suka:
“kerajinan adalah sebuah keterampilan, terutama yang melibatkan seni praktis. Ini mungkin merujuk kepada sebuah perdagangan atau seni tertentu.”
Sebagai pengrajin yang didedikasikan untuk pencarian terus untuk perbaikan dan perluasan kreativitas, jangan ada keraguan dalam pikiran Anda, jika Anda adalah seorang tukang dalam aliran seni rupa ini atau seseorang ‘yang terampil dalam seni terapan; craftsperson.’ setidaknya ini seni kriya.
Mungkin dari awal yang sederhana, Kita pernah belajar merajut dari ibu kita dan belajar merenda, awalnya kita menggunakan keterampilan ini untuk memproduksi barang-barang untuk diri sendiri, keluarga dan teman-teman. Selama bertahun-tahun ini telah berkembang melalui tempat-tempat penjualan berbagai saat ini dalam waktu, di mana kita mencoba internet marketing dari kerajinan atau karya seni kriya tersebut.
Apakah ini adalah kerajinan tangan, atau hanya gairah yang lain, menulis prinsip-prinsip yang dinyatakan dalam Pendahuluan di atas dibutuhkan:
Keterampilan: kemampuan ini terkadang bawaan, atau bawaan untuk karakter penting Anda, kadang-kadang dikembangkan dari pengetahuan dan praktik. Sebagai contoh keluarga Anda adalah pengrajin berbakat dan Anda telah bekerja keras untuk mengembangkan dalam waktu yang lama.
Keluwesan: ini sangat penting dimana kita mempunyai kemudahan dan keahlian dalam menggunakan tangan, bersamaan dengan ukuran ketangkasan mental yang lumayan.
Proficiency: tentu saja, kompetensi dalam kinerja, mengembangkan gelar peningkatan keahlian, dan mengalami perasaan prestasi yang item telah diproduksi untuk yang terbaik dari kemampuan Anda saat ini.
Ingenuity: kesiapan untuk berpikir lateral melalui konsepsi dan penciptaan, untuk merancang dan memproduksi setiap bagian karya seni kriya atau kerajinan individu dengan bakat dan keahlian, untuk imajinatif menggunakan bahan-bahan di tangan untuk sesuatu misalnya batik sebgai fashion baru dan menarik.
Dan semoga kita tidak lupa kata “Integritas” yang kadang terasa usang seperti dinosaurus di dunia yang berubah dengan cepat dengan sikapnya. Integritas punya banyak sekali definisi tetapi semua menunjuk prinsip seperti kejujuran, moralitas kesatuan, dan kehormatan. Dan Integritas adalah apa yang saya dan setiap individu lainnya yang benar benar sebagai tukang membawa ke kegiatan kreatif kita, yaitu untuk membuat karya seni kriya kita tegas diklasifikasikan sebagai seni.
Ada penentang pandangan ini yang bersikeras bahwa seni yang benar adalah lukisan, gambar, musik, tari, puisi, patung, bahkan arsitektur dan bahasa dapat ditampung didalamnya. Semua bentuk yang tampaknya diyakini memerlukan dan memanfaatkan tingkat yang lebih tinggi dari keterampilan dan kesenian dari seni kriya.
Lainnya berbicara tentang estetika dan penciptaan terampil, ‘internal apresiasi dari keseimbangan dan harmoni’, penguasaan media, komunikasi dan ekspresi imajinatif; ‘kelas benda tunduk pada kriteria estetika’, dan dari zaman kuno, fungsi ritual dan simbolik yang punya makna.
Tampaknya bahwa cita-cita hanya berlaku untuk seni bukan kerajinan atau karya seni kriya ini.
Ketika perajin dibawa ke tingkat dedikasi tertinggi, integritas dan komitmen untuk pekerjaan mereka, bersama-sama dengan keterampilan dan perhatian terhadap detail di setiap mengejar kreatifita, ini adalah ciri khas dari kemampuan seni.
Saya menemukan sesuatu dalam kriteria pada pembuatan seni menjadi sesuatu yang kurang, dari salah satu tununtutan dalam penciptaan karya seni kriya dalam hal ini sebaga item kerajinan. Setiap definisi deskriptif tampaknya melambangkan cita-cita tertinggi pekerja kerajinan.
Setidaknya bagi saya “kerajinan adalah seni” yaitu karya seni kriya dan tidak ada pertanyaan dan untuk debat itu.

sumber : http://be4rt.com/seni/karya-seni-kriya-bukan-kerajinan-semata/

0 komentar:

Posting Komentar

musik ku

Free Music Sites
Free Music Online

free music at divine-music.info
 
Free Breast Cancer Pink Heart Ribbon Glitter Cursors at www.totallyfreecursors.com